FORMAT JAWABAN TUGAS TUTON
Tugas
1
MKDK4002
PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK
Nama
:
NIM
:
Prodi
: PGSD Semester 2
UPBJJ
:
Pokjar :
Fakultas
Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas
Terbuka
2022.2
KATA
PENGANTAR
Puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa yang telah
memberikan rahmat dan hidayah-Nyasehingga saya dapat menyelesaikan tugas tutorial
saya tepat pada waktunya.Adapun tujuan dari penulisan ini adalah untuk memenuhi
tugas Mata Pelajaran PerkembanganPeserta Didik/MKDK4002.
Selain itu, juga bertujuan untuk menambah wawasan tentang
Perkembangan Peserta Didik bagi para pembaca dan juga bagi penulis.Saya
mengucapkan terima kasih kepada Bapak Abdul wahid , selaku Dosen Mata Kuliah Perkembangan
Peserta Didik/MKDK4002 yang telah memberikan tugas ini sehingga dapat menambah
pengetahuan dan wawasan sesuai dengan bidang studi yang saya tekuni.
Saya juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak
yang telah membagi sebagian pengetahuannya sehingga saya dapat menyelesaikan
makalah ini.Saya menyadari, tugas yang saya tulis ini masih jauh dari kata
sempurna. Oleh karena itu, kritik dan saran yang akan membangun saya nantikan
demi kesempurnaan tugas ini.
Temanggung, 26 Oktober 2022
PEMBAHASAN
1.
Dalam menyusun Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), apakah seorang guru perlu mempertimbangkan
tahapan perkembangan peserta didik di kelas yang ia ampu? Mengapa demikian?
Jawaban
:
Dalam
menyusun RPP ( Rencana Pelaksanaan Pembelajaran ) sangat perlu karena nantinya
akan berpengaruh untuk perkembangan belajar peserta didik. Ada beberapa hal
yang harus diperhatikan oleh guru dalam menyusun Rencana Pelaksanaan
Pembeljaran :
1.
Mempertimbangkan
perbedaan individual siswa, seperti kemampuan awal, tingkat intelektual, bakat,
potensi, minat, motivasi belajar, kemampuan sosial, emosi, gaya belajar,
kebutuhan khusus, latar belakang budaya, norma, nilai, dan lingkungan siswa.
2. Memperhatikan partisipasi aktif siswa. Dalam menyusun RPP, guru perlu
memperhatikan bagaimana partisipasi aktif siswa.
Apakah keaktifan siswa dalam pembelajaran di satu kelas sangat kurang atau
cenderung pasif? Jika demikian, guru perlu memperhatikan bagaimana strategi
pembelajaran yang meningkatkan keaktifan siswa dan kemandirian siswa.
3. Penyusunan RPP pada langka-langkah pembelajaran harus berpusat pada siswa.
Supaya mendorong semangat belajar, motivasi, minat, kreativitas, inspirasi,
inovasi, dan kemandirian.
4. Pengembangan budaya membaca dan menulis yang dirancang untuk mengembangkan
kegemaran membaca, pemahaman beragam bacaan, dan berekspresi dalam berbagai
bentuk tulisan. Penyusunan RPP perlu memasukan budaya literasi, terlebih adanya
program Asesmen Kompetensi Umum (AKM) yang menjadi salah satu bagian dari Asesmen
Nasional.
5. Pemberian umpan balik dan tindak lanjut, memuat rancangan program pemberian
umpan balik positif, penguatan, pengayaan, dan remidi. Dalam hal ini,
penyusunan RPP memuat bagaimana asesmen atau penilaian terhadap hasil belajar
siswa.
6. Penekanan pada keterkaitan dan keterpaduan antara Kompetensi Dasar (KD),
materi pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indikator pencapaian kompetensi,
penilaian, dan sumber belajar. Maksudnya adalah penyusunan RPP harus sinkron
dari satu bagian ke bagian lainnya dan saling berkaitan.
7. Mengakomodasi pembelajaran tematik terpadu, keterpaduan lintas mata
pelajaran, lintas aspek belajar, dan keragaman budaya. Penyusunan RPP jenis ini
biasanya ditemui dalam jenjang PAUD dan SD, yang menggunakan pendekatan
tematik. Jika guru akan menggunakan tematik, guru harus dapat mengaitkan dan
memadukan isi dari mata pelajaran lain dengan lainnya.
8. Penerapan teknologi informasi dan komunikasi secara terintegrasi,
sistematis, dan efektif sesuai dengan situasi dan kondisi. Dalam penyusunan RPP
memuat penggunaan teknologi, sederhananya seperti menampilkan video dari
Youtube, PPT, penggunaan Zoom lainnya.
2.
Berikan alasan mengapa Anda
sebagai seorang guru harus memahami tingkat perkembangan dan pertumbuhan siswa?
Jawaban :
Sekolah adalah salah satu
lingkungan yang paling berpengaruh terhadap perkembangan seorang anak. Bahkan
di sekolah, seorang anak tak hanya mendapatkan ilmu secara akademik, tapi juga
membentuk perilaku dan pola pikir yang akan dimiliki hingga mereka dewasa.
Inilah pentingnya memilih sekolah yang tepat dan berkualitas bagi setiap anak.
Sekolah yang tepat tak hanya dilihat dari kurikulum yang dijalankan, tapi juga
kualitas para guru. Mengapa? Karena guru memiliki peran penting terhadap banyak
hal dalam diri seorang anak.
Sikap yang harus dimiliki
dan dilakukan guru, agar guru dapat mengetahui aspirasi atau tuntutan peserta
didik yang bisa dijadikan bahan pertimbangan dalam penyusunan program yang
tepat bagi peserta didik, sehingga kegiatan pembelajaran pun akan dapat
memenuhi kebutuhan, minat mereka dan tepat berdasarkan dengan perkembangan mereka.
Beberapa dasar
pertimbangan perlunya ” memahami peserta didik ” sebagai berikut :
1. Dasar pertimbangan
psikologis: bahwa suatu kegiatan akan menarik dan berhasil apabila sesuai
dengan minat, bakat, kemampuan, keinginan, dan tuntutan peserta didik.
2. Dasar pertimbangan
sosiologi: bahwa secara naluri manusia akan merasa ikut serta memiliki dan
aktif mengikuti kegiatan yang ada.
3.
Agar guru dapat menciptakan
ruangan kelas yang tepat bagi peserta didik.
4.
Agar guru dapat memberikan
motivasi - motivasi atau nasehat terhadap anak - anak yang sesuai dengan
usianya.
5.
Agar guru mengetahui kapan
waktunya ia memberikan pelajaran mengenai akidah akhlak yang lebih mendalam,
dan mempaparkan akibat - akibat bagi yang melanggar aturan - aturan tertentu.
6.
Agar guru dapat berinteraksi
dengan baik terhadap peserta didik dengan mengemukakan topik - topik yang
mungkin sangat disukai peserta didiknya pada usia tertentu.
7.
Agar guru dapat memberikan
metode pembelajaran yang menarik dan berpariasi yang sesuai dengan levelnya.
8.
Agar guru mengetahui
pelajaran seperti apa yang sangat dibutuhkan dan yang kurang dibutuhkan.
9.
Agar guru dapat memberikan
dorongan bagi peserta didik yang kurang bisa berinteraksi dengan yang lainnya.
10. Agar
guru dapat mengendalikan diri untuk tidak membeda - bedakan anak yang satu
dengan yang lainnya.
11. Agar guru dapat memahami peserta didik dengan baik.
DAFTAR
PUSTAKA/REFERENSI
Modul
MKDK4002 PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK
https://naikpangkat.com/prinsip-prinsip-penyusunan-rpp-yang-perlu-diperhatikan-oleh-guru/
https://www.suara.com/lifestyle/2016/06/16/211352/ini-pentingnya-peran-guru-bagi-perkembangan-anak
https://id.wikipedia.org/wiki/Perkembangan_anak
Temanggung, 26 Oktober 2022