Translate

3 Desember 2022

TUGAS 1 MKDK4002.55

 

FORMAT JAWABAN TUGAS TUTON

 


 

 

 

 

 

 

 


Tugas 1

 

MKDK4002 PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK

 

Nama : 

NIM :

Prodi : PGSD Semester 2

UPBJJ : 

Pokjar : 

 

 

 

 

 

 

 

 

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Universitas Terbuka

2022.2


KATA PENGANTAR

Puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa yang telah memberikan rahmat dan hidayah-Nyasehingga saya dapat menyelesaikan tugas tutorial saya tepat pada waktunya.Adapun tujuan dari penulisan ini adalah untuk memenuhi tugas Mata Pelajaran PerkembanganPeserta Didik/MKDK4002.

Selain itu, juga bertujuan untuk menambah wawasan tentang Perkembangan Peserta Didik bagi para pembaca dan juga bagi penulis.Saya mengucapkan terima kasih kepada Bapak Abdul wahid , selaku Dosen Mata Kuliah Perkembangan Peserta Didik/MKDK4002 yang telah memberikan tugas ini sehingga dapat menambah pengetahuan dan wawasan sesuai dengan bidang studi yang saya tekuni.

Saya juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membagi sebagian pengetahuannya sehingga saya dapat menyelesaikan makalah ini.Saya menyadari, tugas yang saya tulis ini masih jauh dari kata sempurna. Oleh karena itu, kritik dan saran yang akan membangun saya nantikan demi kesempurnaan tugas ini.


 


      Temanggung, 26 Oktober 2022

 

 


 

 

 

 

 

 

PEMBAHASAN

 

1.   Dalam menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), apakah seorang guru perlu mempertimbangkan tahapan perkembangan peserta didik di kelas yang ia ampu? Mengapa demikian?

 

Jawaban :

 

Dalam menyusun RPP ( Rencana Pelaksanaan Pembelajaran ) sangat perlu karena nantinya akan berpengaruh untuk perkembangan belajar peserta didik. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan oleh guru dalam menyusun Rencana Pelaksanaan Pembeljaran :

 

1.   Mempertimbangkan perbedaan individual siswa, seperti kemampuan awal, tingkat intelektual, bakat, potensi, minat, motivasi belajar, kemampuan sosial, emosi, gaya belajar, kebutuhan khusus, latar belakang budaya, norma, nilai, dan lingkungan siswa.

2. Memperhatikan partisipasi aktif siswa. Dalam menyusun RPP, guru perlu memperhatikan bagaimana partisipasi aktif siswa.

Apakah keaktifan siswa dalam pembelajaran di satu kelas sangat kurang atau cenderung pasif? Jika demikian, guru perlu memperhatikan bagaimana strategi pembelajaran yang meningkatkan keaktifan siswa dan kemandirian siswa.

3. Penyusunan RPP pada langka-langkah pembelajaran harus berpusat pada siswa. Supaya mendorong semangat belajar, motivasi, minat, kreativitas, inspirasi, inovasi, dan kemandirian.

4. Pengembangan budaya membaca dan menulis yang dirancang untuk mengembangkan kegemaran membaca, pemahaman beragam bacaan, dan berekspresi dalam berbagai bentuk tulisan. Penyusunan RPP perlu memasukan budaya literasi, terlebih adanya program Asesmen Kompetensi Umum (AKM) yang menjadi salah satu bagian dari Asesmen Nasional.

5. Pemberian umpan balik dan tindak lanjut, memuat rancangan program pemberian umpan balik positif, penguatan, pengayaan, dan remidi. Dalam hal ini, penyusunan RPP memuat bagaimana asesmen atau penilaian terhadap hasil belajar siswa.

6. Penekanan pada keterkaitan dan keterpaduan antara Kompetensi Dasar (KD), materi pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indikator pencapaian kompetensi, penilaian, dan sumber belajar. Maksudnya adalah penyusunan RPP harus sinkron dari satu bagian ke bagian lainnya dan saling berkaitan.

7. Mengakomodasi pembelajaran tematik terpadu, keterpaduan lintas mata pelajaran, lintas aspek belajar, dan keragaman budaya. Penyusunan RPP jenis ini biasanya ditemui dalam jenjang PAUD dan SD, yang menggunakan pendekatan tematik. Jika guru akan menggunakan tematik, guru harus dapat mengaitkan dan memadukan isi dari mata pelajaran lain dengan lainnya.

8. Penerapan teknologi informasi dan komunikasi secara terintegrasi, sistematis, dan efektif sesuai dengan situasi dan kondisi. Dalam penyusunan RPP memuat penggunaan teknologi, sederhananya seperti menampilkan video dari Youtube, PPT, penggunaan Zoom lainnya.

 

 

2.   Berikan alasan mengapa Anda sebagai seorang guru harus memahami tingkat perkembangan dan pertumbuhan siswa?

 

Jawaban :

Sekolah adalah salah satu lingkungan yang paling berpengaruh terhadap perkembangan seorang anak. Bahkan di sekolah, seorang anak tak hanya mendapatkan ilmu secara akademik, tapi juga membentuk perilaku dan pola pikir yang akan dimiliki hingga mereka dewasa.

Inilah pentingnya memilih sekolah yang tepat dan berkualitas bagi setiap anak. Sekolah yang tepat tak hanya dilihat dari kurikulum yang dijalankan, tapi juga kualitas para guru. Mengapa? Karena guru memiliki peran penting terhadap banyak hal dalam diri seorang anak.

 

Sikap yang harus dimiliki dan dilakukan guru, agar guru dapat mengetahui aspirasi atau tuntutan peserta didik yang bisa dijadikan bahan pertimbangan dalam penyusunan program yang tepat bagi peserta didik, sehingga kegiatan pembelajaran pun akan dapat memenuhi kebutuhan, minat mereka dan tepat berdasarkan dengan perkembangan mereka.

 

 Beberapa dasar pertimbangan perlunya ” memahami peserta didik ” sebagai berikut :

1.   Dasar pertimbangan psikologis: bahwa suatu kegiatan akan menarik dan berhasil apabila sesuai dengan minat, bakat, kemampuan, keinginan, dan tuntutan peserta didik.

2.   Dasar pertimbangan sosiologi: bahwa secara naluri manusia akan merasa ikut serta memiliki dan aktif mengikuti kegiatan yang ada.

3.   Agar guru dapat menciptakan ruangan kelas yang tepat bagi peserta didik.

4.   Agar guru dapat memberikan motivasi - motivasi atau nasehat terhadap anak - anak yang sesuai dengan usianya.

5.   Agar guru mengetahui kapan waktunya ia memberikan pelajaran mengenai akidah akhlak yang lebih mendalam, dan mempaparkan akibat - akibat bagi yang melanggar aturan - aturan tertentu.

6.   Agar guru dapat berinteraksi dengan baik terhadap peserta didik dengan mengemukakan topik - topik yang mungkin sangat disukai peserta didiknya pada usia tertentu.

7.   Agar guru dapat memberikan metode pembelajaran yang menarik dan berpariasi yang sesuai dengan levelnya.

8.   Agar guru mengetahui pelajaran seperti apa yang sangat dibutuhkan dan yang kurang dibutuhkan.

9.   Agar guru dapat memberikan dorongan bagi peserta didik yang kurang bisa berinteraksi dengan yang lainnya.

10. Agar guru dapat mengendalikan diri untuk tidak membeda - bedakan anak yang satu dengan yang lainnya.

11. Agar guru dapat memahami peserta didik dengan baik.

 

 

 

 

DAFTAR PUSTAKA/REFERENSI

 

Modul MKDK4002 PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK

https://naikpangkat.com/prinsip-prinsip-penyusunan-rpp-yang-perlu-diperhatikan-oleh-guru/

https://www.suara.com/lifestyle/2016/06/16/211352/ini-pentingnya-peran-guru-bagi-perkembangan-anak

https://id.wikipedia.org/wiki/Perkembangan_anak

 

 

 

 


Temanggung,  26 Oktober 2022

 

 

 

 


 

TUGAS 3 PENGANTAR PENDIDIKAN MKDK4001

  TUGAS 3   Program Studi               : IP/Teknologi Pendidikan Kode Mata Kuliah                            : MKDK4001 Nama ...