PROPOSAL
KEGIATAN
PELATIHAN PEMUDA UNTUK MENINGKATKAN
KETERAMPILAN MANDIRI MEMANGKAS RAMBUT DALAM MEMBUKA PELUANG USAHA MANDIRI
SEBAGAI SUMBER PENGHASILAN MASYARAKAT
DI DESA KARANGWUNI, KEC.PRINGSURAT
KABUPATEN
TEMANGGUNG
Disusun
oleh :
Nama :
NIM :
Pokjar :
PROGRAM
PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR ( S1-PGSD)
UNIT
PROGRAM BELAJAR JARAK JAUH
YOGYAKARTA
UNIVERSITAS
TERBUKA
2022
Puji dаn syukur kami panjatkan kеhаdіrаt Allah SWT аtаѕ
ѕеgаlа karunia dan ramat Nуа уаng tеlаh mеmbеrіkаn kelancaran ѕеrtа kеmudаhаn
ѕеhіnggа dapat mеnуеlеѕаіkаn penyusunan Prороѕаl Kеgіаtаn “ Pelatihan Pemuda untuk
Meningkatkan Keterampilan dalam Memangkas Rambut”.
Untuk itu kami menyampaikan rasa syukur dan juga
banyak terimakasih kepada :
1.
Allah SWT yang
telah melimphakan Rahmat , Karunia , dan Hidayah- Nya
2.
Kedua orang
tua dan teman saya Romy sebagai pembina sekaligus pelatih dalam kegiatan
pelatihan ini.
3.
Ibu Suharti, S.Pd M.Pd, selaku tutor pembelajaran
berwawasan kemasyarakatan yang telah memberikan bimbingan dalam penyusunan
proposal ini.
4.
Bapak
Drs. Sunaryanto selaku Kepala Desa Karangwuni, Kecamatan Pringsurat, Kabupaten Temanggung yang telah
memberikan ijin kepada saya untuk melaksanakan kegiatan pembinaan ini.
5.
Peserta kegiatan
pelatihan pengembangan keterampilan yang aktif dan atusias dalam mengikuti
pelatihan ini ..
6.
Teman-teman PGSD semester 1 yang telah
memberikan dukungannya
Kаmі mеnуаdаrі
mаѕіh banyak terdapat keterbatasan dalam реlаkѕаnааn kegiatan maupun реnуаmраіаn
рrороѕаl, оlеh kаrеnа іtu krіtіk dan saran yang bеrѕіfаt membangun serta
dukungan dаrі berbagai ріhаk bеruра mаtеrіаl mаuрun non material sangat kаmі
ѕаmbut dengan tаngаn terbuka demi реrbаіkаn di mаѕа уаng akan dаtаng.
Temanggung, 11 April 2022
Penyusun
NIM:
Pada
dasarnya pemuda adalah generasi penerus bangsa.Pemuda
adalah individu yang bila dilihat secara fisik sedang mengalami perkembangan
dan secara psikis sedang mengalami perkembangan emosional, sehingga pemuda
merupakan sumber daya manusia pembangunan baik saat ini maupun masa datang.
Sebagai calon generasi penerus yang akan menggantikan generasi
sebelumnya.Secara internasional, WHO menyebut sebagai ”young
people” dengan batas usia 10-24 tahun, sedangkan usia 10-19 tahun
disebut ”adolescenea” atau remaja. International Youth
Year yang diselenggarakan tahun 1985, mendefinisikan penduduk berusia
15-24 tahun sebagai kelompok pemuda.Definisi yang kedua, pemuda adalah individu
dengan karakter yang dinamis, bahkan bergejolak dan optimis namun belum
memiliki pengendalian emosi yang stabil. Pemuda menghadapi masa perubahan
sosial maupun cultural.Dalam kosakata Bahasa Indonesia, pemuda juga dikenal
dengan sebutan generasi muda dan kaum muda. Seringkali terminologi pemuda,
generasi muda, atau kaum muda memiliki definisi beragam. Definisi tentang
pemuda di atas lebih pada definisi teknis berdasarkan kategori usia sedangkan
definisi lainnya lebih fleksibel. Dimana pemuda/ generasi muda/kaum muda adalah
mereka yang memiliki semangat pembaharu dan progresif. Kekuatan sebuah
bangsa terletak di tangan para pemudanya. Karena merekalah yang akan
menunjukkan wajah kehormatan suatu bangsa dalam segala kontes kehidupan. Jika
para pemuda dalam suatu negara mengalami kerusakan moral dan agama, maka sangat
disayangkan nasib bangsa itu nantinya.Karena bagaimana pun, pemuda adalah kader
bangsa yang harus terbina dengan segala bentuk pendidikan. Baik itu pendidikan
kejiawaan (Psykologi) sampai pendidikan politik. Jangan sampai pendidikan yang
dirancang dan dilaksanakan oleh negara tidak memerhatikan masa depan para
pemudanya. Apalagi hanya mementingkan kepentingan pribadi dan golongan saja.
Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, bahwa pemuda merupakan generasi
penerus bangsa Indonesia, maka sebenarnya generasi muda juga menjadi komponen
yang penting dan perlu dilibatkan dalam pembangunan bangsa Indonesia, baik
secara nasional maupun daerah. Mengapa demikian? Hal ini berkaitan erat dengan
dasar dari generasi muda yang sebenarnya memiliki fisik yang kuat, pengetahuan
yang baru, inovatif, dan juga memiliki tingkat kreativitas yang tinggi pula.
Sasaran
dari kegiatan pelatihan keterampilan memangkas rambut ini adalah
para pemuda di desa Desa Karangwuni, Kecamatan Pringsurat, Kabupaten Temanggung yang
masih menganggur dan pemuda yang masih sekolah dengan rentan usia 15 - 45
tahun.
C.
TUJUAN
Tujuan
dari diadakannya kegiatan pelatihan tersebut
diantaranya:
1.
Membuka
peluang usaha kerja sehingga mengurangi tingkat pengangguran
2.
Memberi
modal keterampilan kepada pemuda untuk mampu berwirausaha di
bidang jasa, serta bermanfaat untuk dirinya sendiri sebagai
keahlian khusus.
3.
Memperoleh
penghasilan sendiri yang lebih, tanpa
ada tuntutan kerja yang berlebihan dari orang lain.
D. MANFAAT
Manfaat dari diadakannya kegiatan pelatihan mandiri tersebut :
1. Melatih kemandirian dengan membuka
peluang usaha
2. Meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam
public speaking.
3. Meningkatkan kepercayaan diri dan
kemampuan bersosialisasi dengan masyarakat sekitar tempat tinggal.
4. Membagi keterampilan ditengah
masyarakat
5. Dapat memberikan nilai jual yang
lebih tinggi
6. Dapat meningkatkan penghasilan
masyarakat
7. Meningkatkan kualitas SDM dengan
bekal keterampilan
8. Mampu mengelola lahan yang kecil
untuk dijadikan usaha
E. RUMUSAN
HASIL KEGIATAN SECARA UMUM
Dengan adanya program
pembinaan dan pelatihan keterampilan
mandiri ini (pelatihan pangkas rambut) , dapat menghasilkan keterampilan khusus
bagi para pemuda, pemuda juga dapat mengembangkan keterampilan ini dalam bentuk
sebagai mata pencaharian atau sebagai usaha dalam bidang penyediaan jasa .
Kegiatan
pelatihan kepemudaan dibidang Pangkas Rambut
:
No |
Nama Peserta |
Jenis kelamin |
Tempat Tanggal Lahir |
Pendidikan |
Minat Kegiatan |
1. |
Muhammad Anas Marzuki |
Laki-laki |
Temanggung, 24 Desember 2000 |
SLTA |
FUTSAL |
2. |
Herry Setyawan |
Laki-laki |
Temanggung, 08 April 1997 |
SLTA |
MEMANCING |
3. |
Farhan Fitriansyah Mustofa Ilham |
Laki-laki |
Yogyakarta, 27 Desember 2000 |
SMK |
VOLLY |
4. |
Achmad Khanif Afrisal |
Laki-laki |
Temanggung, 09 April 1998 |
SMK |
SEPAK BOLA |
5. |
Alfarizi Budiyanto |
Laki-laki |
Temanggung, 05 Septermber 1998 |
SMK |
SEPAK BOLA |
6. |
Naufal Iza Farizki |
Laki-laki |
Temanggung, 11 Juni 2001 |
SLTA |
MEMANCING |
7. |
Rico Dhimas Aldi Sa |
Laki-laki |
|
SMK |
FUTSAL |
B.
TEMPAT DAN WAKTU PELAKSANAAN
1.
Tempat Pelaksanaan
Kegiatan pelatihan ketrampialn pangkas rambut di Desa Karangwuni, Kecamatan
Pringsurat, Kabupaten Temanggung.
2.
Waktu Pelaksanaan
NO |
KEGIATAN |
BULAN |
|||||||
APRIL |
MEI |
||||||||
MINGGU KE |
MINGGU KE |
||||||||
I |
II |
III |
IV |
I |
II |
III |
IV |
||
1. |
Persiapan |
|
ü |
|
|
|
|
|
|
2. |
Konsultasi dengan
kepala desa dan mencari peserta binaan |
|
ü |
|
|
|
|
|
|
3. |
Pembekalan wawasan dan Pengetahuan tentang materi pembinaan |
|
ü |
|
|
|
|
|
|
4. |
Menyiapkan alat dan tempat pelatihan |
|
|
ü |
|
|
|
|
|
5. |
Kegiatan pembinaan |
|
|
|
ü |
|
|
|
|
6. |
Evaluasi dan konsultasi |
|
|
|
|
|
ü |
|
|
7. |
Pelaporan |
|
|
|
|
|
|
ü |
|
C.
PERSIAPAN KEGIATAN PELATIHAN
Adapun
bahan-bahan yang diperluka dalam pembinaan
keterampilan pangkas rambut
1.
Alat :
a.
Gunting sasak
dan biasa
b.
Clipper
c.
Sepatu clipper
d.
Detailer
e.
Shaver
f.
Semprotan
g.
Jepet
h.
Sisir
i.
Cape
2.
Bahan :
a.
Tissue Leher
b.
Kertas bekas
3.
Langkah – langkah Memangkas Rambut :
1)
Pasang cape
2)
Pasang tissue
leher
3)
Semprot dengan
air sedikit bagian rambut atas
4)
Parting/bilah
rambut bagian atas dan bawah
5)
Bentuk pola
menggunakan clipper dan sepatu clipper no.3 secara melingkar dan teratur
6)
Bentuk bleding
menggunakan sepatu clipper no.1 secara melingkar dan teratur
7)
Hilangkan
garis rambut yang dibuat sepatu clipper no.1 menggunakan sepatu clipper no.1
1/2
8)
Haluskan pola
rambut dengan menggunakan sepatu clipper no.2
9)
Hilangkan pola
yang dibuat menggunakan sepatu clipper no 3 tadi menggunakan sepatu clipper
no.4 atau no.5
10)
Bentuk outline
agar rambut terlihat rapi dan manis
11)
Lepas
partingan yang telah diparting di awal
12)
Basahi rambut
dengan air (disemprotkan)
13)
Jika rambut atas
ingin dipotong mulai memotong bagian
tengah belakang ke depan, lalu kanan dan kiri ke depan juga
14)
Jarak antara
rambut yang sudah dipotong dangan yang tidak dipotong kira-kira 2 jari.
15)
Setelah
semuanya selesai jengan lupa untuk bersihkan rambut menggunakan hair dryer.
D.
RINCIAN BIAYA PENGELUARAN PELATIHAN PANGKAS RAMBUT
No |
Nama Bahan |
Banyaknya |
Biaya |
Jumlah |
1. |
Tissue leher |
2 roll |
Rp. 25.000 |
Rp.50.000 |
2. |
Kertas bekas |
1 pack |
Rp. 2000 |
Rp. 2000 |
3. |
Snack |
7
dus/pertemuan ( 5x pertemuan ) |
Rp. 35.000 |
Rp. 175.000 |
4. |
Uang
transportasi pemateri |
5x pertemuan |
Rp. 50.000 |
Rp. 250.000 |
Jumlah
total biaya |
Rp 477.000 |
E.
STRATEGI DAN DESKRIPSI JALANYA KEGIATAN
Kegiatan pelatihan dilakukan
dengan pembinaan keterampilan mandiri pada pemuda
di desa Karangwuni ini diharapkan dapat meningkatkan sumber penghasilan bagi
masyarakat dan dapat mengurangi pengangguran karena korban PHK dari tempat
kerja sebelumnya di karena sulitnya mencari kerja pada massa pandemi covid-19.
Kegiatan pelatihan ini diharapkan berjalan lancar dan tidak ada kendala
saat pealaksanaan , peserta sangat antusias dalam mengikuti dikarenakan peserta
merasa tertolong dengan adanya pelatihan ini.
No |
Hari/Tanggal |
Uraian
Kegiatan |
1. |
Minggu,
03 April 2022 |
Persiapan pembuatan konsep pelatihan |
2. |
Minggu,
05 April 2022 |
Konsultasi
dengan kepala desa dan mencari peserta binaan |
3. |
Minggu,
07 April 2022 |
Pembekalan
wawasan dan Pengetahuan tentang materi pembinaan terhadap peserta binaan |
4. |
Sabtu, 16 April 2022 |
Menyiapkan alat dan tempat pelatihan |
5. |
Sabtu, 23 April 2022 |
Kegiatan pembinaan dangan mendatangkan instrukstur |
6. |
Sabtu, 07 Mei 2022 |
Evaluasi dan konsultasi dengan hasil pelatihan pangkas rambut yang sudah dilakukan |
7. |
Senin, 09 Mei 2022 |
Membuat laporan hasil kegiatan pembinaan keterampilan |
F.
TEKNIK EVALUASI
KEBERHASILAN KEGIATAN
a.
Pengamatan
Melalui kegiatan ini penyusun mengamati setiap peserta bagaimana perkembangan setelah mengikuti pelatihan. Ada beberapa peserta
yang kurang paham dalam melakukan teknik pangkas rambut yang benar.
b.
Penentuan Masalah
Setelah penyusun melakukan pengamatan dengan hasil peserta , peserta yang kurang paham dalam melakukan teknik
pangkas rambut yang benar.
c.
Penyelesaian
Masalah
Setelah melakukan penentuan penentuan masalah,
penyusun melakukan penyelesaian dengan cara mendatangi kembali peserta yang
kurang paham dan lakukan pembinaan kembali dengan cara mengantar peserta ke
instruktur pelatihan kegiatan untuk belajar kembali teknik pangkas rambut yang
benar.
d.
Tindak Lanjut
Setelah kegiatan pelatihan
ini diharapkan para pemuda di desa Karangwuni,
dapat membuka peluang usaha dalam bidang jasa , mengurangi jumlah pengangguran
di Desa dan dapat menjadi sumber penghasilan sehari-hari.
Demikian
Proposal Kegiatan Pembinaan Program Kepemudaan mata kuliah Pembelajaran
Berwawasan Kemasyarakatan ini disusun
dan diajukan dengan harapan mendapat bantuan dan dukungan dari pihak terkait
baik materil maupun imateril. Penyusun akan
berusaha menyelenggarakan kegiatan ini dengan sebaik-baiknya hingga mencapai
hasil dan manfaat yang semaksimal mungkin. Dan semoga dukungan yang diberikan
dapat menjadi motivasi agar para pemuda desa
menjadi lebih semangat untuk mengembangkan potensi yang mereka miliki
dengan tujuan bisa bermanfaat bagi diri mereka sendiri dan masyarakat serta
program yang penyusun laksanakan
tepat sasaran serta di ridhoi oleh Allah SWT, Amin. Atas perhatian dan bantuannya dari semua
pihak yang ikut dalam kegiatan pembinaan ini menyampaikan terima kasih.
FORMULIR DATA PRIBADI PEMUDA YANG BELAJAR
Nama :
Rico Dimas Aldi Saputra
TTL :
Magelang, 10 Maret 2000
Umur :
22 tahun
Jenis kelamin : Laki-laki
Alamat : Dusun Mlobo, Desa Karangwuni, Kec.Pringsurat, Kab.Temanggung
RT/RW : RT 02 / RW 03
Status perkawinan : Lajang
Status dalam keluarga : Anak
Pekerjaan : Belum bekerja
Keterampilan : Mekanik
LAMPIRAN
FORMULIR DATA PRIBADI PEMUDA YANG BELAJAR
Nama :
Muhammad Anas Marzuki
TTL :
Temanggung,24 Desember 2000
Umur :
21 Tahun
Jenis kelamin : Laki-laki
Alamat : Dusun Mlobo, Desa Karangwuni, Kec.Pringsurat, Kab.Temanggung
RT/RW : RT 01 / RW 03
Status perkawinan : Lajang
Status dalam keluarga : Anak
Pekerjaan : Mahasiswa
Keterampilan : Olahraga
LAMPIRAN
FORMULIR DATA PRIBADI PEMUDA YANG BELAJAR
Nama :
Naufal Iza Farizki
TTL :
Temanggung,11 Juni 2001
Umur :
20 Tahun
Jenis kelamin : Laki-laki
Alamat : Dusun Mlobo, Desa Karangwuni, Kec.Pringsurat, Kab.Temanggung
RT/RW : RT 01 / RW 03
Status perkawinan : Lajang
Status dalam keluarga : Anak
Pekerjaan : Pelajar
Keterampilan :
Tidak
ada
LAMPIRAN
FORMULIR DATA PRIBADI PEMUDA YANG BELAJAR
Nama :
Achmad Khanif Afrisal
TTL :
Temanggung,09 April 1998
Umur :
24 Tahun
Jenis kelamin : Laki-laki
Alamat : Dusun Mlobo, Desa Karangwuni, Kec.Pringsurat, Kab.Temanggung
RT/RW : RT 01 / RW 03
Status perkawinan : Lajang
Status dalam keluarga : Anak
Pekerjaan : Swasta
Keterampilan : Tidak ada
LAMPIRAN
FORMULIR DATA PRIBADI PEMUDA YANG BELAJAR
Nama :
Herry Setyawan
TTL :
Temanggung,08 April 1997
Umur :
25 Tahun
Jenis kelamin : Laki-laki
Alamat : Dusun Mlobo, Desa Karangwuni, Kec.Pringsurat, Kab.Temanggung
RT/RW : RT 02 / RW 03
Status perkawinan : Lajang
Status dalam keluarga : Anak
Pekerjaan : Swasta
Keterampilan : Olahraga
LAMPIRAN
FORMULIR DATA PRIBADI PEMUDA YANG BELAJAR
Nama :
Farhan Fitriansyah Mustofa Ilham
TTL :
Temanggung,27 Desember 2000
Umur :
21 Tahun
Jenis kelamin : Laki-laki
Alamat : Dusun Mlobo, Desa Karangwuni, Kec.Pringsurat, Kab.Temanggung
RT/RW : RT 01 / RW 03
Status perkawinan : Lajang
Status dalam keluarga : Anak
Pekerjaan : Mahasiswa
Keterampilan :
Elektro
LAMPIRAN
FORMULIR DATA PRIBADI PEMUDA YANG BELAJAR
Nama :
Alfarizi Budiyanto
TTL :
Temanggung , 05 Septermber 1998
Umur :
24 Tahun
Jenis kelamin : Laki-laki
Alamat : Dusun Mlobo, Desa Karangwuni, Kec.Pringsurat, Kab.Temanggung
RT/RW : RT 02 / RW 03
Status perkawinan : Lajang
Status dalam keluarga : Anak
Pekerjaan : Petani
Keterampilan :
Olahraga
SURAT IJIN KEPALA DESA
Tidak ada komentar:
Posting Komentar