Tugas Tutorial 1 ini berkaitan
dengan Pengantar Pendidikan Kewarganegaraan, Wawasan Nusantara dan Geopolitik
Indonesia, serta Ketahanan Nasional dan Geostrategi Indonesia
Petunjuk
mengerjakan tugas:
1.
Panjang jawaban per
soal antara 500 – 700 kata.
2.
Tugas
ditulis menggunakan font Time New Roman, ukuran 12 pts, dengan spasi 1.5.
3. Mahasiswa diharapkan menjunjung
tinggi integritas akademik dengan menghindari
perilaku plagiarisme dalam bentuk apapun.
4. Mahasiswa dipersilakan untuk
menggunakan teori-teori yang terdapat di dalam BMP MKDU 4111 Pendidikan Kewarganegaraan, dan mengaitkannya kondisi di masyarakat.
Kriteria
penilaian dalam tugas ini adalah:
1.
Mengerjakan
tugas dengan berdasar pada BMP MKDU 4111 Pendidikan Kewarganegaraan;
2.
Berdasarkan analisis
persoalan yang terjadi di masyarakat.
3.
Menjawab pertanyaan
berdasarkan analisis/kalimat sendiri.;
4.
Mencantumkan
sumber referensi (sumber referensi yang diperbolehkan adalah dari BMP, buku penunjan lainnya, jurnal, berita
elektronik maupun cetak);
5.
Copy paste tidak
akan diberikan penilaian.
Selamat mengerjakan tugas,
perhatikan batas waktu pengiriman tugas, pastikan bahwa tugas anda sudah tersubmitted, dan file tugas dalam bentuk
doc/docx hanya diunggah pada tempat unggah tugas pada Tuton ini.
Salam sukses.
Soal 1 (Skor 25)
Dalam buku yang berjudul “Diplomasi Indonesia dan
Pembangunan Konektivitas Maritim (2018), Indonesia berada di dalam garis
equator yang berada di antara dua benua yaitu Benua Asia dan Australia, serta
beada di antara samudra Hindia dan Pasifik. Indonesia tengah berupaya untuk
memanfaatkan posisi tersebut untuk menjadi poros maritime dunia.
Lakukanlah
analisis terkait pentingnya posisi grografis Indonesia baik di tingkat ASEAN
maupun dunia!
(Petunjuk: silahkan baca dan pahami
terleih dahulu tentang posisi geografis Indonesia yang ada di dalam BMP
MKDU4111}
Soal 2
(Skor 25)
Sebagai warga negara Indonesia kita harus bisa ikut
berpatisipasi secara aktif dalam melindungi berbagai bentuk Ancaman, Tantangan,
Hambatan, dan Gangguan (ATHG) agar dapat mewujudkan ketahanan nasional. Ganguan
tersebut bisa berasal dari dalam dan luar negeri serta bisa berupa fisik dan
non fisik.
Uraikan peran Anda sebagai mahasiswa agar dapat melindungi
Negara Kesatuan Republik Indonesia dari (ATHG) baik yang berasal dari dalam dan
luar negeri serta berupa fisik dan non fisik!
(Petunjuk:
silahkan baca dan pahami terlbih dahulu tentang landasan, dan asas Ketahanan
Nasional yang ada di BMP MKDU4111)
Soal 3
(Skor 25)
Upaya pembangunan integrasi nasional selalu mendapat
Ancaman, Tantangan, Hambatan, dan Gangguan atau yang disingkat dengan ATHG. Hal
tersebut dapat memecah belah persatuan dan kesatuan bangsa yang bisa berasal
dari dalam danluar negeri serta bisa berupa fisik dan nonfisik.
Lakukanlah analisis
penyebab munculnya ATHG yang bisa memecah belah NKRI!
(Petunjuk: baca
dan pahami terlebih dahulu tentang ketahanan nasional Indonesia yang ada di
dalam BMP MKDU4111)
Soal 4 (Skor
25)
Pancasila merupakan dasar dan ideologi bangsa Indonesia
yang menjadikan pedoman untuk hidup berbangsa dan bernegara. Kondisi sekarang
ini banyak teradapat Ancaman, Tantangan, hambatan dan Gangguan (ATHG) yang
dapat merusak ketahanan nasional, sehingga Pancasila
seharusnya
dinternalisasikan bukan hanya sekedar dihafalkan supaya ketahanan nasional
negara Indoneisa menjadi kokoh.
Lakukanlah
telaah bagaimana cara memperkuat ideologi Pancasila sebagai usaha untuk
memperkuat wawasan ideologi Indonesia terkait dengan pembinaan ketahanan
nasional! (Petunjuk: silahkan baca
dan pahami terlbih dahulu tentang ketahanan nasional yang ada di dalam modul
MKDU4111)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar