Translate

3 Desember 2022

TUGAS 3 PENGANTAR PENDIDIKAN MKDK4001

 

TUGAS 3

 

Program Studi              : IP/Teknologi Pendidikan Kode Mata Kuliah                           : MKDK4001

Nama Mata Kuliah       : Pengantar Pendidikan Jumlah sks : 3 sks

Nama Pengembang       : Edi Kurniawan,S.Pd.M.Pd Nama Penelaah                                      :

Tahun Pengembangan : 2018

Status Pengembangan : Baru/Revisi* Edisi Ke-       1

 

No.

Uraian Tugas Tutorial

Skor

Maksimum

Sumber Tugas

Tutorial

1.

Perubahan sosial adalah segala proses di mana terjadi perubahan struktur dari fungsi-fungsi suatu sistem sosial.

 

Jelaskan mengapa perubahan sosial dapat dipandang sebagai suatu konsep?

20

Modul 7 MKDK4001

Pengantar Pendidikan KB 1

2.

Globalisasi merupakan sebuah istilah yang berhubungan dengan keterkaitan dan ketergantungan antar bangsa dan antar manusia diseluruh dunia, sehingga ketergantungan ini akan memunculkan dampak bagi suatu bangsa.

25

Modul 7 MKDK4001

Pengantar Pendidikan KB 2

 

Analisislah dampak-dampak yang terjadi akibat adanya globalisasi.

 

 

3.

Sistem pendidikan nasional dapat dikatakan sebagai jaringan satuan-satuan pendidikan yang

30

Modul 8 MKDK4001

 

dihimpun secara komprehensif utuk mencapai tujuan pendidikan nasional. Suatu sistem terdiri dari beberapa komponen.

 

Pengantar Pendidikan KB 1

 

Jelaskan komponen pokok sistem pendidikan

 

 

 

nasional.

 

 

4.

Sistem pendidikan suatu bangsa akan menghasilkan tingkat kualitas daan kuantitas

25

Modul 8 MKDK4001

 

sumber daya manusia pada tatanan bangsa tersebut namun sebagian akan muncul masalah- masalah pendidikan.

 

Pengantar Pendidikan KB 2

 

Analisislah masalah apa yang dihadapi bangsa Indonesia di bidang pendidikan.

Masalah apa yang sulit diatasi?

 

 

 

 

100

 

*) Coret yang tidak perlu

 

 

 

 

 

 

 


 

JAWAB :

 

1.     Jelaskan mengapa perubahan sosial dapat dipandang sebagai suatu konsep?

Perubahan sosial dipandang sebagai suatu konsep yang luas, meliputi perubahan fenomena sosial di berbagai tingkat kehidupan manusia mulai dari tingkat individu sampai tingkat komunitas dunia. Perubahan sosial dapat dipelajari secara sederhana maupun kompleks, dari deskripsi sederhana sampai pada lintas studi dan berbagai jenis analisis.Tidak semua gejala-gejala sosial yang mengakibatkan perubahan dapat dikatakan sebagai perubahan sosial, gejala yang dapat mengakibatkan perubahan sosial memiliki ciri-ciri antara lain :

 

1.      Setiap masyarakat tidak akan berhenti berkembang karena mereka mengalami perubahan baik lambat maupun cepat.

2.      Perubahan yang terjadi pada lembaga kemasyarakatan tertentu akan diikuti dengan perubahan pada lembaga-lembaga sosial lainnya.

3.      Perubahan sosial yang cepat dapat mengakibatkan terjadinya disorganisasi yang bersifat sementara sebagai proses penyesuaian diri.

4.      Perubahan tidak dibatasi oleh bidang kebendaan atau bidang spiritual karena keduanya memiliki hubungan timbal balik yang kuat.

 

2.     Analisislah dampak-dampak yang terjadi akibat adanya globalisasi.

 

Seperti yang kita ketahui, bahwa segala sesuatu memiliki dampaknya. Begitupula dengan adanya Globalisasi ini, yang menimbulkan dampak yang sangat besar bagi masyarakat disuatu negara dengan berbagai factor yang ada, antara lain: bidang IPTEK, bidang lingkungan dan SDM, dan masih banyak faktor yang menjadi salah satu dampak globalisasi.

Diantaranya dampak positif dan negatif, yaitu:

 

a.       Dampak positif

 

1) Setiap orang, mudah mendapatkan informasi dan komunikasi dengan mengakses pengetahuan, informasi, dan data di berbagai belahan dunia.

 

2) Perkembangan informasi telah melahirkan budaya dunia maya (cyber cultur). Yang merupakan lalu lintas ilmu pengetahuan, gudang rahasia, dan berbagai pertunjukkan suara dan kecepatan musik yang dipancarkan dengan kecepatan cahaya elektronik.

 

3) Masyarakat dunia menjadi satu lingkungan. Artinya mereka seolah-olah saling berdekatan, dan menjadi satu system pergaulan dan budaya yang relatif sama, sehingga tumbuh menjadi satu dunia yang saling terikat dan saling mempengaruhi.

 

4) Dengan munculnya globalisasi, COVID 19 semua masyarakat menjadi menjaga kesehatan dan selalu rajin untuk mencuci tangan.

 

b. Dampak negatif

 

1) Dengan mudahnya mengakses media informasi itu, orang atau manusia dengan mudah untuk mengakses tindakan kriminalitas antara lain kekerasan, pornografi, dan hedonisme lainnya.

 

2) Memungkinkan munculnya budaya monokulturalisme. Monokulturalisme adalah kebijakan atau proses mendukung, meng advokasi, atau membiarkan ekspresi budaya dari satu kelompok sosial atau etnis.

 

3) Informasi tentang produk atau jasa tertentu, dapat menimbulkan sisi negative yakni, apabila masyarakat kurang cermat dalam mengelola keuangan dapat menimbulkan tumbuhnya budaya konsumtif dengan gaya hidup yang diantaranya meliputi makanan, pakaian, dan pergaulan yang mengglobal sesuai dengan budaya barat.

 

4) Dengan adanya globalisasi saat ini, COVID 19. Dapat menimbulkan dampak negatif. Antara lain: masyarakat mejadi resah dan tidak nyaman, menimbulkan krisis ekonomi social karna banyaknya pegawai yang harus diberhentiakn sementara akibat pembatasan sosial (social distancing), kenaikan harga bahan pokok karena hal ini sudah dianggap langkah oleh masyarakat.

 

 

3.     Jelaskan komponen pokok sistem pendidikan nasional

 

Unruk mewujudkan tujuan yang beragam diperlukan satuan-satuan dan jalur-jalur yang merupakan komponen sistem pendidikan nasional.yaitu:

 

1.)  Satuan pendidikan sekolah. Bagian dari sistem pendidikan yang bersifat formal, berjenjang, dan berkesinambungan. Meliputi, pendidikan prasekolah, pendidikan dasar, pendidikan menengah, dan pendidikan tinggi.

 

2.)  Satuan pendidikan luar sekolah. Pendidikan ini dapat bersifat informal maupun formal. Meliputi, pendidikan dalam keluarga, pendidikan melalui kelompok-kelompok belajar, kursus-kursus, satuan-satuan pendidikan lain yang sejenis.

 

4.   Analisislah masalah apa yang dihadapi bangsa Indonesia di bidang pendidikan. Masalah apa yang sulit diatasi? 

 

Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Berkembangnya Masalah Pendidikan

 

a)      Rendahnya Pemerataan Pendidikan

Permasalahan tidak meratanya layanan yang dapat diberikan oleh dunia pendidikan menjadi faktor penting. Artinya peluang bagi setiap orang untuk mendapatkan haknya, dimana mendapatkan pendidikan yang setinggi-tingginya dengan kualitas pendidikan yang sebaik- baiknya. Masalah tidak meratanya peluang untuk mendapatkan layanan pendidikan secara umum ditimbulkan oleh terus meningkatnya pertumbuhan penduduk yang tidak sebanding dengan daya tampung dan kapasitas layanan pendidikan tersebut. Tentu hal ini berpengaruh pada kenaikan jumlah peserta didik. Mengapa demikian? Karena semua komponen yang berkaitan dengan penyelenggaraan pendidikan akan mengalami peningkatan termasuk julmalh guru atau pendidik.

 

b)      Rendahnya Mutu Pendidikan

Masalah rendahnya mutu layanan pendidikan pada sebagain besar masyarakat Indonesia, selain berdampak negatif pada prospek peningkatan kualitas SDM, juga menjadi beban tersendiri bagi masyarakat. Sesuai data Kemendikbud 2010, terdapat lebih dari 1,8 juta anak tiap tahun tak mampu melanjutkan sekolah karena ekonomi lebih tepatnya biaya pendidikan dimana anak-anak terpaksa bekerja untuk membantu perekonomian keluarga  dan pernikahan usia dini.

Sehingga permasalahan ini dapat menimbulkan rendahnya mutu pendidikan.

 

c)      Rendahnya Relevansi Pendidikan

Dengan tuntutan masyarakat rendahnya relevansi pendidikan ini diantaranya dapat dilihat dari banyaknya lulusan yang menganggur, tidak dapat menciptakan pekerjaan atau tidak diserap oleh dunia kerja. Faktor-faktor yang berkaitan dengan rendahnya relevansi adalah:

 

1.      Rendahnya kemampuan menguasai lifeskill yang relevan

2.      Rendahnya relevansi pendidikan dengan potensi daerah

3.      Rendahnya kemitraan dengan dunia usaha/ dunia industri

 

d)      Rendahnya Efektivitas Pendidikan

Efektivitas pendidikan di Indonesia sangat rendah. Dari hasil penelitian menyebutkan bahwa salah satu penyebabnya adalah tidak adanya tujuan pendidikan yang jelas ebelum kegiatan pembelajaran dilaksanakan. Hal ini menyebabkan peserta didik dan pendidik tidak tahu “goal” apa yang akan dihasilkan sehingga tidak mempunyai gambaran yang jelas dalam proses pendidikan.

 

e)      Rendahnya Efisiensi Pendidikan

Beberapa masalah efisiensi pengajaran di Indonesia adalah mehalnya biaya pendidikan, waktu yang digunakan dalam proses pendidikan, mutu pengajar, dan banyak hal lain yang menyebabkan kurang efisiensinya proses pendidikan di Indonesia. Yang juga berpengaruh dalam peningkatan sumber daya manusia Indonesia yang lebih baik. selain masalah mahalnya biaya pendidikan di Indonesia, masalah lainnya adalah waktu pengajaran. Dengan survei lapangan, bahwa pendidikan tatap muka di Indonesia relatif lebih lama jika dibandingkan negara lain.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

TUGAS 3 PENGANTAR PENDIDIKAN MKDK4001

  TUGAS 3   Program Studi               : IP/Teknologi Pendidikan Kode Mata Kuliah                            : MKDK4001 Nama ...